1.Apa yang dapat anda jelaskan sehungan dengan a function group. Lalu beri penjelasan berkaitan dengan situasi grup anda dalam menyelesaikan tugas observasi.
Sebelum mengarah kepada fungsi kelompok, terlebih dahulu membahas pengertian kelompok. Kelompok adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama.
Fungsi kelompok adalah :
1.Membangun kerja sama Artinya dalam hal ini kelompok saling bantu membantu, bahu membahu dalam mengerjakan tugas yang diberikan secara bersama-sama hingga pekerjaan tersebut dapat selesai dengan baik
2.Membantu dalam pemecahan masalah sesama anggota Artinya jika salah satu anggota di dalam kelompok sulit memahami tugas yang diberikan kepadanya, maka teman kelompok yang lain membantunya dalam memecahkan masalah hingga mendapatkan solusi yang tepat
3.Dapat mengurangi beban kerja Artinya di dalam kelompok, akan terdapat prosedur untuk pembagian tugas yang diberikan kepada masing-masing anggota, dengan adanya pembagian tugas ini dapat meringankan pekerjaan dan tidak memberatkan pekerjaan kepada satu orang
4. Membangun iklim yang demokratis Artinya dalam hal ini memberikan kesempatan kepada anggota setiap kelompok untuk mengemukakan pendapatnya masing-masing
Dalam mengerjakan tugas observasi, fungsi kelompok cukup baik, dimana dalam hal ini setiap anggota kelompok saling membantu satu sama lain ketika anggota kelompok yang lain kurang memahami apa yang akan dituliskan atau berkaitan dengan prosedur penulisan, yaitu dengan cara memberikan pendapatnya secara langsung secara lisan, dan mengajarkan bagaimana cara membuatnya dengan benar. Dan juga di dalam kelompok dapat mengemukakan pendapat secara langsung jika ada penulisan yang salah, misalnya tata cara tulis yang salah, maka seseorang dapat memberikan masukan bagaimana tata cara yang baik dan benar. Serta adanya proses kerja sama dalam penyelesaian makalah observasi, dalam hal ini setiap anggota membagi tugasnya masing-masing, setelah itu setiap anggota membaca kembali apa yang telah dibuat sebelumnya, dan bekerja sama dalam pemilihan teori yang digunakan, bagaimana cara mengaitkannya, bagaimana isi dari bab I dan lain sebagaimana, hal itu dipecahkan secara bersama-sama hingga mendapatkan sebuah solusi.
2. Lalu sekarang uraikan dengan detail ; saat diskusi dosen dengan kelompok anda, teori konseling manakah yang dapat digunakan untuk menjelaskan prosesnya? Berikan alasannya juga.
teori konseling yang digunakan adalah client center Counseling
berdasarkan prosesnya :
1. Pembukaan Dalam hal ini dosen membuka dengan pertanyaan apakah anda sudah membaca review yang dikerjakan sebelumnya, jadi dalam hal ini kelompok mencoba untuk mengingat tugas review yang mana, yang observasi atau bagian lain
2. Penjelasan masalah Dalam hal ini dosen mengingatkan kembali, kira-kira apa alasan kelompok anda saya panggil kemari?, pertanyaan ini mengacu kepada agar kelompok mengetahu permasalahannya. jadi kelompok menjelaskan proses pengerjaan sehubungan dengan tugas yang diberikan. kemudian dilanjutkan dengan dosen yang mengatakan "bagaimana mekanisme kerja dalam mengerjakan tugas ini dan apa kelebihan dari makalah yang anda buat, anda sudah cek di facebook kan?" pertanyaan ini sudah mengarah kepada tahap ke 3 yaitu penggalian latar belakang masalah, jadi kelompok dalam hal ini mencoba mengingat kembali mekanisme kerja kelompok yang dilakukan, lalu salah satu anggota kelompok mengatakan kami sudah membagi tugasnya, kemudian tugas yang kami buat kami baca kembali, seperti itu, kemudian dosen bertanya kembali "apa kelebihan dari makalah anda?" salah satu dari anggota kelompok mengatakan dari awal hingga akhir banyak kesalahan yang kami lakukan buk, banyak kekurangannya, lalu dosen bertanya kembali "berarti menilai kelebihan kelompok lain lebih mudah ya?" kelompok "diam", tujuan pertanyaan ini agar kelompok lebih memahami dan mengetahui letak kelebihan dari hasil review observasi yang dikerjakan. Kemudian di akhir dosen bertanya "apakah anda mengetahui teori kelompok apa yang digunakan pada saa ini?" kelompok menjawab "client-center buk". tapi dalam uraian ini yang belum terlihat dalam pemecahan masalah, hal ini disebabkan kurangnya pemahaman kelompok sehubungan dengan review yang diberikan.
Dari uraian diatas, diskusi dengan dosen menggunakan teori client center counseling karena diawal dosen memanggil dan bertanya alasan kelompok di panggil kemari?, kemudian dilanjutkan dengan mekanisme kerja, dan kelebihan. disertai dengan probing atau menggali kembali pernyataan yang dijawab oleh kelompok. tujuan pertanyaan ini semua, agar kelompok mengetahui letak permasalahan dan yang melatarbelakangi masalah itu, serta penilaian terhadap hasil kerja,serta memancing agar kelompok secara terbuka dapat mengungkapkan hasil tersebut
3. Sekarang, anggaplah diri anda seorang konselor pendidikan tinggi. Lepaskan atribut anda sebagai anggota kelompok. Apakah yang anda lakukan pada kelompok anda? (gunakan minimal 2 pembahasan teori).
Menurut Winkel Konselor adalah seseorang yang membantu orang lain dalam mengembangkan diri sendiri.
yang akan dilakukan sehubungan dengan kelompok adalah :
1. Di awali dengan melakukan bimbingan secara kelompok, seluruh kelompok diminta untuk bertemu dengan konselor, untuk membicarakan sehubungan dengan hasil tugas observasi yang diberikan. di awali dengan bertanya bagaimana mekanisme kerja yang anda lakukan, dan lain-lain, untuk melihat letak kerjasama atau masalah yang bisa muncul di dalam kelompok, jika terdapat masalah di dalam kelompok, maka hal itu digali agar seluruh kelompok mengetahuinya dan bisa mencari solusi bersama. Jika kelompok terlihat kurang memahami maksud pertanyaan yang diberikan, maka konselor mengulang kembali pertanyaan hingga kelompok mengetahuinya. Konselor disini tidak hanya sekedar memberikan pertanyaan sehubungan dengan tugas tetapi juga mengarahkan kelompok untuk berpikir kearah yang lebih tepat dan lebih dapat diterima. cara pemecahan masalah yang diberikan yaitu dengan cara berdiskusi dengan sesama anggota kelompok, sehingga bisa muncul kesepakatan bersama antara kelompok. dan keputusan yang diambil dipastikan dulu oleh konselor, dengan menanyakan kembali apakah keputusan tersebut sudah tepat atau belum, jika sudah maka konseling dapat diakhiri
2. Memperkuat komunikasi AntarPribadi antara konselor dengan kelompok. Kelompok jika kurang mengenal siapa konselor yang akan dihadapinya (misalnya dalam hal ini saya yang dihadapi), kelompok cenderung diam tidak mau memaparkan masalah yang ia hadapi, karena kelompok takut untuk mengungkapkannya atau terdapat pandangan khusus di dalam pikiran mereka bahwa saya ekstrim, maka dalam hal ini saya,sebelum mempertanyaan hal sehubungan dengan kerja tersebut, misalnya saya menceritakan terlebih dahulu pengalaman-pengalaman saya ketika saya mempunyai tugas yang sama dengan kelompok, dan meyakinkan kelompok bahwa saya tidak akan membocorkan rahasia apapun yang mereka katakan. komunikasi antarpribadi disini bertujuan untuk membantu orang lain untuk memahami dirinya dengan lebih baik, mengubah pandangan dan sikapnya, dan mengembangkan kemampuan menghadapi berbagai permasalahan hidup. ketika proses konseling di mulai misalnya bertanya apa yang menjadi kendala anda saat bekerja? kelompok menjawab "sulit untuk mengatur waktu yang ada, sehingga sulit untuk mengumpulkan teman-teman", jadi bagaimana cara kalian agar semuanya terkumpul "dengan cara menanyakan terlebih dahulu waktu mereka masing-masing." saya bertanya "kira-kira anda mengathui apa yang mereka kerjakan ketika mereka tidak bisa?" "tidak". Jika seperti ini, maka masing-masing terlebih dahulu mencoba untuk memahami kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya masing-masing agar timbul rasanya kepuasan kerja. untuk memahami kegiatan ini, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama apabila teman-teman tersebut belum terlalu saling mengenal terlalu dalam, dan terkadang hal ini bisa menjadi permasalah tersendiri oleh kelompok. Jadi dalam hal ini, saya meminta mereka untuk saling berdiskusi mengenai jadwal mereka masing-masing dan pastikan bahwa masing-masing anggota memahami maksudnya. dan juga dibutuhkan untuk membangun komunikasi antara anggota kelompok. agar terbangun relasi yang cukup baik antar anggota kelompok
1.Apa yang dapat anda jelaskan sehungan dengan a function group. Lalu beri penjelasan berkaitan dengan situasi grup anda dalam menyelesaikan tugas observasi.
BalasHapusSebelum mengarah kepada fungsi kelompok, terlebih dahulu membahas pengertian kelompok. Kelompok adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama.
BalasHapusFungsi kelompok adalah :
1.Membangun kerja sama
Artinya dalam hal ini kelompok saling bantu membantu, bahu membahu dalam mengerjakan tugas yang diberikan secara bersama-sama hingga pekerjaan tersebut dapat selesai dengan baik
2.Membantu dalam pemecahan masalah sesama anggota
Artinya jika salah satu anggota di dalam kelompok sulit memahami tugas yang diberikan kepadanya, maka teman kelompok yang lain membantunya dalam memecahkan masalah hingga mendapatkan solusi yang tepat
3.Dapat mengurangi beban kerja
Artinya di dalam kelompok, akan terdapat prosedur untuk pembagian tugas yang diberikan kepada masing-masing anggota, dengan adanya pembagian tugas ini dapat meringankan pekerjaan dan tidak memberatkan pekerjaan kepada satu orang
4. Membangun iklim yang demokratis
Artinya dalam hal ini memberikan kesempatan kepada anggota setiap kelompok untuk mengemukakan pendapatnya masing-masing
Dalam mengerjakan tugas observasi, fungsi kelompok cukup baik, dimana dalam hal ini setiap anggota kelompok saling membantu satu sama lain ketika anggota kelompok yang lain kurang memahami apa yang akan dituliskan atau berkaitan dengan prosedur penulisan, yaitu dengan cara memberikan pendapatnya secara langsung secara lisan, dan mengajarkan bagaimana cara membuatnya dengan benar. Dan juga di dalam kelompok dapat mengemukakan pendapat secara langsung jika ada penulisan yang salah, misalnya tata cara tulis yang salah, maka seseorang dapat memberikan masukan bagaimana tata cara yang baik dan benar. Serta adanya proses kerja sama dalam penyelesaian makalah observasi, dalam hal ini setiap anggota membagi tugasnya masing-masing, setelah itu setiap anggota membaca kembali apa yang telah dibuat sebelumnya, dan bekerja sama dalam pemilihan teori yang digunakan, bagaimana cara mengaitkannya, bagaimana isi dari bab I dan lain sebagaimana, hal itu dipecahkan secara bersama-sama hingga mendapatkan sebuah solusi.
2. Lalu sekarang uraikan dengan detail ; saat diskusi dosen dengan kelompok anda, teori konseling manakah yang dapat digunakan untuk menjelaskan prosesnya? Berikan alasannya juga.
BalasHapusteori konseling yang digunakan adalah client center Counseling
BalasHapusberdasarkan prosesnya :
1. Pembukaan
Dalam hal ini dosen membuka dengan pertanyaan apakah anda sudah membaca review yang dikerjakan sebelumnya, jadi dalam hal ini kelompok mencoba untuk mengingat tugas review yang mana, yang observasi atau bagian lain
2. Penjelasan masalah
Dalam hal ini dosen mengingatkan kembali, kira-kira apa alasan kelompok anda saya panggil kemari?, pertanyaan ini mengacu kepada agar kelompok mengetahu permasalahannya. jadi kelompok menjelaskan proses pengerjaan sehubungan dengan tugas yang diberikan. kemudian dilanjutkan dengan dosen yang mengatakan "bagaimana mekanisme kerja dalam mengerjakan tugas ini dan apa kelebihan dari makalah yang anda buat, anda sudah cek di facebook kan?" pertanyaan ini sudah mengarah kepada tahap ke 3 yaitu penggalian latar belakang masalah, jadi kelompok dalam hal ini mencoba mengingat kembali mekanisme kerja kelompok yang dilakukan, lalu salah satu anggota kelompok mengatakan kami sudah membagi tugasnya, kemudian tugas yang kami buat kami baca kembali, seperti itu, kemudian dosen bertanya kembali "apa kelebihan dari makalah anda?" salah satu dari anggota kelompok mengatakan dari awal hingga akhir banyak kesalahan yang kami lakukan buk, banyak kekurangannya, lalu dosen bertanya kembali "berarti menilai kelebihan kelompok lain lebih mudah ya?" kelompok "diam", tujuan pertanyaan ini agar kelompok lebih memahami dan mengetahui letak kelebihan dari hasil review observasi yang dikerjakan. Kemudian di akhir dosen bertanya "apakah anda mengetahui teori kelompok apa yang digunakan pada saa ini?" kelompok menjawab "client-center buk". tapi dalam uraian ini yang belum terlihat dalam pemecahan masalah, hal ini disebabkan kurangnya pemahaman kelompok sehubungan dengan review yang diberikan.
Dari uraian diatas, diskusi dengan dosen menggunakan teori client center counseling karena diawal dosen memanggil dan bertanya alasan kelompok di panggil kemari?, kemudian dilanjutkan dengan mekanisme kerja, dan kelebihan. disertai dengan probing atau menggali kembali pernyataan yang dijawab oleh kelompok. tujuan pertanyaan ini semua, agar kelompok mengetahui letak permasalahan dan yang melatarbelakangi masalah itu, serta penilaian terhadap hasil kerja,serta memancing agar kelompok secara terbuka dapat mengungkapkan hasil tersebut
3. Sekarang, anggaplah diri anda seorang konselor pendidikan tinggi. Lepaskan atribut anda sebagai anggota kelompok. Apakah yang anda lakukan pada kelompok anda? (gunakan minimal 2 pembahasan teori).
BalasHapusMenurut Winkel Konselor adalah seseorang yang membantu orang lain dalam mengembangkan diri sendiri.
BalasHapusyang akan dilakukan sehubungan dengan kelompok adalah :
1. Di awali dengan melakukan bimbingan secara kelompok, seluruh kelompok diminta untuk bertemu dengan konselor, untuk membicarakan sehubungan dengan hasil tugas observasi yang diberikan. di awali dengan bertanya bagaimana mekanisme kerja yang anda lakukan, dan lain-lain, untuk melihat letak kerjasama atau masalah yang bisa muncul di dalam kelompok, jika terdapat masalah di dalam kelompok, maka hal itu digali agar seluruh kelompok mengetahuinya dan bisa mencari solusi bersama. Jika kelompok terlihat kurang memahami maksud pertanyaan yang diberikan, maka konselor mengulang kembali pertanyaan hingga kelompok mengetahuinya. Konselor disini tidak hanya sekedar memberikan pertanyaan sehubungan dengan tugas tetapi juga mengarahkan kelompok untuk berpikir kearah yang lebih tepat dan lebih dapat diterima. cara pemecahan masalah yang diberikan yaitu dengan cara berdiskusi dengan sesama anggota kelompok, sehingga bisa muncul kesepakatan bersama antara kelompok. dan keputusan yang diambil dipastikan dulu oleh konselor, dengan menanyakan kembali apakah keputusan tersebut sudah tepat atau belum, jika sudah maka konseling dapat diakhiri
2. Memperkuat komunikasi AntarPribadi antara konselor dengan kelompok. Kelompok jika kurang mengenal siapa konselor yang akan dihadapinya (misalnya dalam hal ini saya yang dihadapi), kelompok cenderung diam tidak mau memaparkan masalah yang ia hadapi, karena kelompok takut untuk mengungkapkannya atau terdapat pandangan khusus di dalam pikiran mereka bahwa saya ekstrim, maka dalam hal ini saya,sebelum mempertanyaan hal sehubungan dengan kerja tersebut, misalnya saya menceritakan terlebih dahulu pengalaman-pengalaman saya ketika saya mempunyai tugas yang sama dengan kelompok, dan meyakinkan kelompok bahwa saya tidak akan membocorkan rahasia apapun yang mereka katakan. komunikasi antarpribadi disini bertujuan untuk membantu orang lain untuk memahami dirinya dengan lebih baik, mengubah pandangan dan sikapnya, dan mengembangkan kemampuan menghadapi berbagai permasalahan hidup. ketika proses konseling di mulai misalnya bertanya apa yang menjadi kendala anda saat bekerja? kelompok menjawab "sulit untuk mengatur waktu yang ada, sehingga sulit untuk mengumpulkan teman-teman", jadi bagaimana cara kalian agar semuanya terkumpul "dengan cara menanyakan terlebih dahulu waktu mereka masing-masing." saya bertanya "kira-kira anda mengathui apa yang mereka kerjakan ketika mereka tidak bisa?" "tidak". Jika seperti ini, maka masing-masing terlebih dahulu mencoba untuk memahami kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya masing-masing agar timbul rasanya kepuasan kerja. untuk memahami kegiatan ini, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama apabila teman-teman tersebut belum terlalu saling mengenal terlalu dalam, dan terkadang hal ini bisa menjadi permasalah tersendiri oleh kelompok. Jadi dalam hal ini, saya meminta mereka untuk saling berdiskusi mengenai jadwal mereka masing-masing dan pastikan bahwa masing-masing anggota memahami maksudnya. dan juga dibutuhkan untuk membangun komunikasi antara anggota kelompok. agar terbangun relasi yang cukup baik antar anggota kelompok
nilai 70
BalasHapus