Kamis, 19 Januari 2012

Belajar melalui kegagalan

           Kata "gagal" sering diberikan makna adalah "tidak berhasil", sehingga orang yang mengalami kegagalan cenderung untuk pesimis dan tidak mau bangkit atau mengatasinya. Karena ada beberapa yang menganggap bahwa gagal berarti tidak mencapai tujuan kita, jadi ketika tujuan yang diinginkan sudah tidak tercapai apa yang harus dilakukan? hal ini bisa menimbulkan rasa stress atau kecewa dari orang tersebut.
       Tapi sebenarnya gagal bukan berarti tidak bisa bangkit untuk memperbaiki, malah terkadang dari kegagalan ini kita dapat belajar dari pengalaman sebelumnya, sehingga usaha-usaha yang membuat kita gagal cenderung untuk diperbaiki agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Dan potensi-potensi yang ada pada diri sso bisa tergali dengan baik. 
      Kata "gagal"beberapa menganggap suatu hal yang positif dan ada beberapa yang negatif. itu dilihat bagaimana cara pandang mereka terhadap kegagalan itu dan usaha yang mereka lakukan. Gagal yang memiliki maksud negatif, bisa mempengaruhi kesehatan mental sso, jika ia terlalu mendalami kegagalan itu dan menyalahkan diri akan kegagalan itu, maka akan mengalami tingkat stres yang sangat mendalam, dan bahkan takut untuk bertemu dengan orang lain. Tapi jika memandang kegagalan sebagai suatu sisi yang positif, sso bisa mengatasi masalahnya dan mencoba cara yang terbaik untuk meningkatkannya, dengan rasa optimis yang cukup tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar