Rabu, 16 November 2011

Pertemuan 1 mata kuliah bimbingan dan konseling

Narasumber : Ganda Merry


Topik :
1.      Apa itu konseling sekolah?
2.      Siapa yang cocok menjadi konselor sekolah?
3.      Bagaimana peluang kerja konselor?
4.      Apa kelemahan konselor sekolah ?
Pembahasan :
1.      Apa itu konseling sekolah ?
Secara teori konseling artinya mengarahkan seorang individu dalam mengatasi masalahnya dengan cara mengembangkan potensi yang ada di dalam diri individu itu agar individu tersebut dapat mengambil keputusan akan masalah yang ia hadapi. Dalam konseling terdapat proses tatap muka antara konselor dengan konseli.Konseling artinya meraih jiwa, artinya konselor mencoba memahami apa yang konseli rasakan, apa yang ia pikirkan, dll. Pada konseling sekolah permasalahan yang dibahas tidak hanya menyangkut hal sekolah tetapi juga dalam berbagai aspek individu, misalnya menyangkut juga dengan latar belakang keluarga, akademis, teman sebaya, dll, yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi perkembangan diri individu itu sendiri. Konseling bisa dilakukan pada 1 sesi atau lebih, dilakukan 1 sesi apabila masalah yang ditangani sudah selesai, maksudnya dalam hal ini konseli sudah mampu mendapatkan jawaban atas apa yang ia pertanyakan, tapi juga lebih untuk dalam hal-hal yang agak sulit untuk ditangani, membutuhkan beberapa sesi dalam seminggu. Dalam proses konseling apabila keputusan konseli sudah ada tetapi keputusan yang diberikan kurang tepat, maka konselor dapat memberikan pertanyaan lain yang mengarahkan kepada solusi yang lebih baik untuk konseli.
2.      Siapa yang cocok menjadi  konselor sekolah?
Konselor sekolah adalah sso yang mendapatkan pelatihan khusus atau orang yang dilatih untuk melakukan konseling. Dan adanya sertifikasi sebagai konselor
3.      Bagaimana Peluang Kerja Konselor sekolah?
Peluang konselor sekolah sangat besar, karena beberapa dari sekolah membutuhkan konselor dalam mengatasi masalah yang ada di sekolah. Karena dari beberapa sekolah tersebut masih menggunakan guru untuk menyelesaikan masalah sekolah yang ada.
4.        Apa kelemahan  konselor sekolah?
-          Konselor sekolah dianggap sebagai polisi sekolah
Jadi dalam hal ini, jika ada murid yang cabut sekolah, merokok,berkelahi, dll maka konselor bertindak untuk mengatasi hal ini
-          Pihak sekolah belum mengetahui fungsi konselor sekolah
Pihak sekolah menganggap mereka tidak membutuhkan konselor sekolah dalam mengatasi masalah, karena mereka pun merasa mampu dalam mengatasi masalah yang ada disekolah dengan sendiri, misalnya dengan cara memanggil murid siswa, menghukum, dll.
-          Pihak sekolah dapat menyelesaikan masalah siswa
-          Masalah dapat diselesaikan melalui orang tua
Maksudnya disini ada anak yang melakukan kesalahan di sekolah misalnya cabut sekolah sehingga absennya banyak. Pihak sekolah memantau ini, kemudian mereka menghubungi orang tua untuk datang kesekolah untuk membantu dalam menyelesaikan masalah yang dialami oleh anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar